SUARA INDONESIA PROBOLINGGO

Mendapatkan Vaksin di Puskesmas Tongas Tak Perlu Antre

Lutfi Hidayat - 20 December 2021 | 20:12 - Dibaca 186 kali
Kesehatan Mendapatkan Vaksin di Puskesmas Tongas Tak Perlu Antre
Warga menunggu hasil evaluasi pasca disuntik vaksin Covid-19 di Puskesmas Tongas. Insert: Proses suntik vaksin tanpa antre oleh tim vaksinator

PROBOLINGGO - Layanan vaksin Covid-19 di Kabupaten Probolinggo kini tak perlu antre, seperti diakui salah seorang warga Desa Bayeman, Kecamatan Tongas, Ahmad yang melakukan vaksinasi di Puskesmas Tongas.

Ia hanya mendatangi area poli tempat vaksin berada dengan menyodorkan KTP elektronik untuk didata petugas.

Selepas itu proses skirining kesehatan dilakukan oleh tenaga medis yang ada, untuk selanjutnya disuntik vaksin oleh petugas vaksinator.

"Tidak antre kok, tidak seperti vaksinasi massal yang ada di posko-posko itu. Hanya menyerahkan KTP, diperiksa kesehatannya terus disuntik vaksin. Sudah begitu saja," ungkap ayah dua anak ini, Senin (20/12/2021).

Profesinya sebagai karyawan dengan waktu kerja yang telah dijadwal dan ditentukan perusahaan membuat Ahmad cukup sulit meluangkan waktu untuk ikut divaksin.

Namun dengan layanan vaksinasi yang mudah dan cepat ia pun merasa banyak terbantu karena suntik vaksin termasuk kewajiban karyawan di tempatnya bekerja.

"Ya namanya karyawan swasta kadang jadwal vaksin bentrok dengan jam kerja, sehingga saya tak sempat ikut vaksin sebelum-sebelumnya. Kalau seperti ini kan enak, cukup datang (ke Puskesmas) saya gak perlu khawatir waktunya gak nututi," imbuhnya.

Untuk mendapatkan suntikan vaksin Ahmad hanya membutuhkan waktu maksimal 60 menit, 30 menit untuk mendaftar, skrining kesehatan dan suntik vaksin, 30 menit berikutnya waktu istirahat sambil menunggu ada tidaknya gejala pasca divaksin.

Selain Ahmad, kemudahan vaksinasi tanpa antre juga diakui Eko Warga Desa Klampok, Kecamatan Tongas.

Vaksinasi dilakukan dirinya untuk persiapan melangsungkan pernikahan yang mengharuskan menyertakan sertifikat vaksin, untuk kelengkapan persyaratan administrasi di KUA.

"Ternyata gampang gak seribet yang dibayangkan, gak perlu antre dan bertemu banyak orang juga," ujarnya.

Tujuan adanya poli vaksinasi itu, kata Kepala Puskesmas Tongas Kurnia Ramadhani untuk memudahkan masyarakat mendapatkan vaksin, agar lebih banyak masyarakat yang tuntas divaksin Covid-19..

"Harapannya semakin banyak masyarakat yang selesai divaksin baik dosis satu maupun dua. Kalau semakin banyak yang divaksin maka kekebalan kelompok akan semakin cepat terbentuk," tandasnya.

Layanan poli vaksinasi Puskesmas Tongas ini telah dibuka sejak 8 Desember 2021 lalu, layanan dibuka Senin-Sabtu sesuai jam kerja.

Masyarakat cukup datang ke Puskesmas Tongas dengan membawa KTP atau kartu vaksin dosis 1 serta menyertakan nomor handphone aktif untuk mendapat notifikasi hasil vaksin.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lutfi Hidayat
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya