SUARA INDONESIA PROBOLINGGO

Sepekan, Kota Probolinggo 2 Kali Dikunjungi Wisatawan Mancanegara

Lutfi Hidayat - 21 February 2023 | 08:02 - Dibaca 2.26k kali
Wisata Sepekan, Kota Probolinggo 2 Kali Dikunjungi Wisatawan Mancanegara
Wisatawan mancanegara kapal pesiar menikmati penampilan seni tari di Kota Probolinggo. (Foto: Diskominfo)

PROBOLINGGO, Suaraindonesia.co.id - Kapal pesiar yang membawa para pelancong wisatawan mancanegara (wisman) kembali bersandar di Pelabuhan Tanjung Tembaga Kota Probolinggo, Senin (20/02/2023).

Wisman dari berbagai negara itu lalu berkeliling menuju sejumlah tempat bersejarah Kota Probolinggo dengan menaiki becak.

Klenteng Tri Dharma Sumber Naga di Kelurahan Mangunharjo menjadi jujukan pertama kunjungan City Tour wisman itu.

Selepas itu, para pelancong menuju Gereja Merah di Jl. Suroyo dan pusat oleh-oleh Galeri Dekranasda di Alun-alun Kota Probolinggo.

Pasar Baru di Jl. Panglima Sudirman dan sentra UMKM Batik Manggur di Kelurahan Triwung Kidul juga didatangi para wisatawan mancanegara tersebut.

Kabid Pemasaran Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar), Sudarso mengatakan ada 2 kali kunjungan wisman kapal pesiar pada Februari 2023.

"Hari ini 33 orang, tanggal 18 kemarin 1.800 orang. Yang hari ini kapal lain, sama-sama dari manca negara," urainya.

Usai menikmati perjalanan wisata bangunan cagar budaya, pelancong mancanegara itu kemudian disuguhkan penampilan seni tari di halaman Museum Probolinggo.

Wisatawan mancanegara disambut dengan Tari Cinta Jawara yang menceritakan hubungan asmara Pemuda Madura dan Gadis Jawa. Jalinan kasih keduanya melahirkan keturunan Anak Probolinggo yang dikenal dengan Pendalungan.

Seorang wisatawan mancanegara asal Florida, Amerika Serikat, Clarens mengungkapkan kebahagiaannya berada di Kota Probolinggo.

"I am happy. Lot the good things here, a lot thank you. (Saya senang, banyak hal menarik di (kota) ini. Banyak sekali, terima kasih," ungkapnya saat menyaksikan penampilan seni tari.

Tari Lenggang Probolinggo yang melambangkan rasa syukur masyarakat pesisir pantai atas melimpahnya tangkapan ikan dan Tari Barong Kepruk yang menggambarkan petarungan kebaikan dan kejahatan juga ditampilkan menemati waktu istirahat wisatawan asing tersebut.

Setelah puas menikmati keindahan Kota Probolinggo, para pelancong mancanegara itu kemudian kembali ke kapal pesiar dan melanjutkan perjalanan wisata ke berbagai daerah lain di Indonesia.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lutfi Hidayat
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya