SUARA INDONESIA PROBOLINGGO

Pasca Pembongkaran Peti Jenazah, Satgas Covid-19 Tracing Massal Puluhan Warga Desa Gunggungan Lor

Lutfi Hidayat - 08 October 2020 | 12:10 - Dibaca 2.72k kali
Peristiwa Daerah Pasca Pembongkaran Peti Jenazah, Satgas Covid-19 Tracing Massal Puluhan Warga Desa Gunggungan Lor
Petugas Medis Lakukan Rapid Antigen Swab Terhadap 42 Warga Desa Gunggungan Lor, Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolinggo, Kamis (08/09/2020).

PROBOLINGGO - Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Probolinggo melakukan tracing massal, terhadap 42 orang di Desa Gunggungan Lor, Kecamatan Pakuniran, Kamis (08/09/2020).

Tracing massal itu dilakukan pasca pembongkaran peti jenazah seorang warga desa setempat yang meninggal dan dilakukan pemulasaran jenazah Covid-19 karena probable, pada Minggu (04/09/2020).

Koordinator Keamanan dan Penegakan Hukum Satgas Covid-19, Ugas Irwanto, mengatakan tracing massal terhadap 42 orang warga itu dilakukan dengan cara Rapid Antigen Test.

Hasil sementara, sebanyak 35 orang dinyatakan non reaktif dan diperbolehkan pulang tanpa menjalani Swab.

Sedangkan sisanya sebanyak 7 orang, oleh petugas didatangi ke rumah masing-masing karena telah berusia diatas 90 tahun dan sebagian lainnya diserahkan kepada Puskesmas masing-masing, karena berada di luar desa setempat.

"Ada 2 langkah yang kita lakukan untuk tracing. Pertama melakukan rapid antigen test yang keakuratannya 90 persen di bawah swab. Kalau non reaktif berarti boleh pulang, tapi kalau reaktif maka langkah kedua adalah kita Swab," ujarnya saat memantau langsung proses tracing massal di lokasi.

Masih menurut Ugas, setelah tracing massal selesai dilakukan, pihaknya akan mendalami unsur pidana dari tindakan warga yang membongkar paksa peti jenazah saat hendak disalati tersebut.

"Kalau tracing semuanya selesai maka akan kita pelajari secara mendalam kejadiannya (Pembongkaran Peti Jenazah-Red). Apabila ditemukan unsur pidananya maka akan kita proses sesuai dengan hukum yang berlaku," tegasnya.

Guna lancar dan amannya proses tracing massal itu, lebih dari 100 personel gabungan TNI, Polri dan Satpol PP disiagakan di sekitar lokasi.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lutfi Hidayat
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya