SUARA INDONESIA PROBOLINGGO

Uji Kompetensi BKPSDM Pemkab Probolinggo Diikuti 23 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama

Redaksi - 07 June 2023 | 12:06 - Dibaca 1.20k kali
Pemerintahan Uji Kompetensi BKPSDM Pemkab Probolinggo Diikuti 23 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama
Kepala Diskominfo, Statistik dan Persandian menjadi salah satu peserta uji kompetensi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama oleh BKPSDM Kabupaten Probolinggo. (Foto: Diskominfo untuk Suaraindonesia.co.id)

PROBOLINGGO, Suaraindonesia.co.id - Sebanyak 23 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Pemkab Probolinggo, Jawa Timur mengikuti Job Fit (uji kompetensi) oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan itu digelar di ruang pertemuan Tengger Lt. 5 Kantor Bupati Probolinggo, Rabu (07/06/2023). Sekda Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto memberikan arahan dan penulisan makalah dalam mengawali kegiatan tersebut.

Ugas, mengatakan uji kompetensi bagi pejabat Pemkab Probolinggo bertujuan untuk mengukur tingkat kompetensi pegawai, apakah telah sesuai standar kompetensi jabatannya sebagai syarat kompetensi minimal Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menjalankan tugas.

“Uji kompetensi ini bertujuan memenuhi kebutuhan organisasi dalam pengisian dan pengangkatan jabatan, juga untuk dasar pembinaan dan pengembangan karir PNS,” ungkapnya.


Menurutnya, jumlah JPTP Pratama di lingkungan Pemkab Probolinggo sebanyak 35 jabatan, sementara yang akan dilaksanakan Job Fit sebanyak 30 jabatan.

“Yang tidak dilaksanakan Job Fit sebanyak 5 jabatan meliputi Sekretaris Daerah, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Kepala Dinas Pertanian (baru dilantik 25 Agustus 2022 atau kurang dari 1 tahun), Direktur UOBK RSUD Waluyo Jati Kraksaan serta Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM,” bebernya.

Uji kompetensi, sambung Ugas, dilaksanakan dalam 3 tahapan meliputi penilaian kualifikasi melalui penelusuran rekam jejak, penulisan makalah dan pengukuran kompetensi bidang/teknis melalui wawancara.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya