SUARA INDONESIA PROBOLINGGO

Peningkatan Kesejahteraan Nelayan Kota Probolinggo Diapresiasi Menko PMK RI

Lutfi Hidayat - 29 October 2021 | 18:10 - Dibaca 243 kali
Pemerintahan Peningkatan Kesejahteraan Nelayan Kota Probolinggo Diapresiasi Menko PMK RI
Menko PMK RI, Muhadjir Effendy didampingi Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin menyerahkan bantuan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Pelabuhan Perikanan Pantai Mayangan, Kota Probolinggo.

PROBOLINGGO - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI, Muhadjir Effendy mengapresiasi langkah Pemkot Probolinggo dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hal itu disampaikan Muhadjir saat berkunjung ke Kota Probolinggo, Kamis (29/10/2021).

Lokasi pertama yang dikunjungi mantan Menteri Pendidikan itu adalah kawasan Pelabuhan Perikanan Pantai Mayangan.

Salah satu program peningkatan kesejahteraan yang diapresiasi Menko PMK adalah program BPJS Ketenagakerjaan nelayan kecil.

Menurutnya program tersebut perlu dikoordinasikan dengan pemerintah provinsi dan pusat. " Kepedulian (peningkatan kesejahteraan) ini saya kira luar biasa, nanti tinggal dikoordinasikan dan dipadukan dengan kebijakan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat," ungkapnya.

Upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah, menurut Muhadjir sejalan dengan program pemerintah pusat dalam mengentas kemiskinan ekstrem yang ditargetkan tuntas di tahun 2024.

"Terutama kemiskinan ekstrem dan komunitas miskin ini (perlu) dikeroyok dari berbagai sisi dan itu terpadu. Saya yakin bisa selesai sesuai yang ditargetkan presiden tahun 2024," tandasnya.

Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin pada kesempatan itu juga menyampaikan potensi dan kondisi Kota Probolinggo.

Latar belakang masyarakat pendalungan Kota Probolinggo sebanyak 239.649 jiwa menjadi potensi tersendiri untuk pengembangan pembangunan daerah.

Salah satu yang cukup besar adalah komunitas nelayan sebanyak 2.867 jiwa dengan potensi perikanan tangkap sekitar 12.720 ton.

"Pemerintah harus hadir melalui program yang akan kita launching ini. (Melalui) BPJS Ketenagakerjaan nelayan ini mudah-mudahan keberlangsungan anak-anak nelayan sampai kuliah bisa dijamin oleh BPJS, jika terjadi kendala musibah bagi nelayan," jelas Habib Hadi.

Pemerintah Kota Probolinggo, sambung mantan anggota DPR RI itu terus berkomitmen untuk terus memberikan perhatian kepada para nelayan.

Selain nelayan peningkatan kesejahteraan juga diberikan kepada guru ngaji, pengajian minggu, bantuan biaya tagihan listrik untuk tempat ibadah dan fasilitasi UMKM.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lutfi Hidayat
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya