SUARA INDONESIA PROBOLINGGO

Dukungan untuk Ahmad Munir Terus Mengalir Jelang Kongres PWI Pusat

Lutfi Hidayat - 13 July 2023 | 17:07 - Dibaca 1.91k kali
Komunitas Dukungan untuk Ahmad Munir Terus Mengalir Jelang Kongres PWI Pusat
Mantan Ketua PWI Jawa Jatim, Akhmad Munir (kanan) yang juga kandidat calon ketua umum PWI Pusat bersama Ketua PWI Jatim, Lutfil Hakim. (Foto: Dok. PWI Jatim)

SURABAYA, Suaraindonesia.co.id - Tensi kontestasi calon ketua umum PWI Pusat semakin meningkat menjelang kongres yang bakal digelar 2 bulan mendatang.

Hingga saat ini telah muncul 4 nama wartawan senior yang disebut-sebut bakal bersaing untuk menduduki ketua umum pada kongres PWI Pusat tersebut.

Mereka adalah Aral Sembiring Depari, Hendry CH Bangun, Akhmad Munir dan Zulmansyah Sekedang.

Para kandidat calon telah melakukan gerakan-gerakan untuk menggaet suara dari PWI provinsi se-Indonesia. Mereka lakukan ragam cara untuk mendapat simpati para calon pemilih. 

Cara diam-diam maupun terbuka mereka lakukan, ada yang senyap juga ada terang-terangan bahkan show of force (unjuk kekuatan). Tentu 4 kandidat calon itu telah mempertimbangkan matang-matang langkah mereka.

Ketua PWI Jawa Timur, Lutfil Hakim jauh hari telah memantapkan pilihan dukungannya kepada Plt. Direktur Utama Perusahaan Umum Lembaga Kantor Berita Nasional (Perum LKBN) ANTARA, Akhmad Munir.

Cak Item—begitu Lutfil Halim itu disapa, mengaku terus bergerak tak kenal lelah mencari dukungan untuk pemenangan Akhmad Munir.

“Sejak kami melamar Cak Munir dan beliaunya bersedia maju, kami terus bergerak ke daerah-daerah,” ujarnya di Kantor PWI Jatim Jalan Taman Apsari, Kamis (13/07/2023). 

Menurutnya, selama ini dia sudah menjalin komunikasi dengan belasan PWI provinsi di tanah air. “Kemarin lusa kami juga sudah silaturahmi ke Solo, Jawa Tengah untuk bertukar pikiran dengan sahabat-sahabat PWI Joglosemar (Jogja, Solo, Semarang, red),” imbuhnya.

Semua itu dilakukannya untuk bersama-sama mendiskusikan bagaimana ke depan organisasi profesi tertua di Indonesia itu bisa lebih maju.

“Kita sepakat, ke depan harus ada program-program yang lebih memberi manfaat, khususnya bagi anggota,” terangnya.

Selain itu, kata Cak Item, walau posisi Cak Munir—panggilan akrab Akhmad Munir, sebagai Plt. Dirut ANTARA banyak beraktivitas di Jakarta, akan tetapi setiap saat selalu berkomunikasi. “Tak jarang kami juga bertemu, untuk berdiskusi,” ujarnya didampingi Sekretaris Umum PWI Jatim, Eko Pamuji.

Cak Munir memulai karirnya dari Ketua SIWO Jatim 2 periode, Ketua PWI Jatim 2 periode dan saat ini Wakil Ketua Bidang Daerah PWI Pusat, Cak Item membeberkan profil Cak Munir, hingga menjadi alasan kuat mengusungnya untuk maju ke PWI pusat.

"Dengan figur dan ketokohan beliau, terutama di lingkungan PWI sudah sangat mengakar dan sangat tepat sekaligus sebagai regenerasi kepemimpinan PWI ke depan," tandasnya.

Cak Item melanjutkan, selama menjabat posisi penting di PWI, Cak Munir dinilai berhasil dan menunjukkan leadership yang mumpuni serta disukai anggota maupun berbagai kalangan serta komunitas. 

“Sebagai asosiasi jurnalis terbesar harus mampu menghadirkan figur pemimpin yang bisa menjawab tantangan zaman yang semakin komplek, terutama dinamika di dunia informasi,” ujar Cak Item yang dikenal kalem tapi tegas ini.

"Sehingga PWI tetap bisa dipandang sebagai organisasi profesi jurnalis yang bermartabat, profesional dan berwibawa, yang benar-benar dibutuhkan oleh dunia kewartawanan maupun oleh seluruh stakeholder serta masyarakat secara umum," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lutfi Hidayat
Editor : Irqam

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya