SUARA INDONESIA PROBOLINGGO

Bendera Kirab Pemilu Lusuh Saat Tiba Di Probolinggo, Jawaban Komisioner KPU Pacu Semangat

Redaksi - 16 May 2023 | 15:05 - Dibaca 1.50k kali
Politik Bendera Kirab Pemilu Lusuh Saat Tiba Di Probolinggo, Jawaban Komisioner KPU Pacu Semangat
Penyambutan KPU Kota Probolinggo terhadap KPU Kota Surabaya yang membawa Bendera Kirab Pemilu 2024 di depan halaman Kantor Wali Kota Probolinggo

PROBOLINGGO, Suaraindonesia.co.id - KPU Kota Probolinggo menerima dan melanjutkan Kirab Pemilu tahun 2024, Selasa (16/05/2023).

Kirab Pemilu 2024 diserahkan oleh KPU Kota Surabaya ke KPU Kota Probolinggo yang masuk zona 4 untuk diarak dan berkeliling selama sepekan mendatang.

Rombongan kirab membawa Bendera Merah Putih, Pataka KPU RI dan seluruh bendera partai politik peserta Pemilu tahun 2024.

Penyambutan dan pelepasan kitab digelar di depan Kantor Wali Kota Probolinggo. Selain dihadiri Wali Kota Probolinggo, jajaran Forkopimda dan Komisioner KPU, kegiatan itu diikuti oleh seluruh petugas PPS, PPK dan Bawaslu Kota Probolinggo.

Plh Ketua KPU Kota Probolinggo, Akhmad Faruk Yunus Putra menyatakan kirab bendera dilakukan secara estafet dimulai oleh KPU RI pada 14 Februari 2023 lalu.

Kirab Pemilu 2024 lalu berkeliling Indonesia. Sebelum ke KPU Kota Surabaya dan Kota Probolinggo hari ini, sebelumnya kirab dilakukan di Kalimantan.

"Momentum Kirab Pemilu ini dan sesuai jingle serta jargon Pemilu, agar Pemilu menjadi sarana integrasi bangsa. Ini juga sebagai sarana sosialisasi dalam rangka pendidikan pemilih kepada seluruh masyarakat," ungkapnya.

Lebih lanjut, menurut Faruk sapaannya, selama sepekan di Kota Probolinggo Kirab Pemilu akan menyasar berbagai lapisan masyarakat, meliputi segmen generasi muda, kaum perempuan, warga binaan Lapas hingga penyandang disabilitas.

"Nah setelah tujuh hari nanti, Kirab Pemilu KPU Kota Probolinggo selanjutnya akan bergeser ke Pasuruan," terangnya.

Disinggung soal lusuhnya Bendera Indonesia, Pataka KPU dan bendera-bendera Parpol, Faroq menegaskan memang begitu adanya sebagai bukti bahwa dalam perjuangan juga pasti melelahkan dan butuh pengorbanan.


"Bendera yang lusuh itu sebagai bukti bahwa kami tetap semangat. Dalam berjuang pasti melelahkan dan ada pengorbanan, tapi semangat kami tidak akan pudar. Meski bendera itu robek biarkan tetap begitu, kami pun akan tetap menyukseskan Pemilu," pungkasnya.

Pelepasan Kirab Pemilu dilakukan dengan penandatanganan Deklarasi Pemilu Sarana Integrasi Bangsa oleh seluruh Forkopimda dan 18 perwakilan Parpol peserta Pemilu.

Kemudian dilanjutkan dengan pelepasan iring-iringan kirab, dimulai dari depan Kantor Wali Kota untuk berkeliling ke sejumlah kawasan di Kota Probolinggo.

Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin menyebut Kirab Pemilu yang dilakukan di Kota Probolinggo, merupakan sebuah momentum bahwa warga Kota Probolinggo mampu menunjukkan Pemilu 2024 dapat digekar lancar, aman, damai dan penuh partisipasi masyarakat.

"Kirab Pemilu ini menjadi sebuah edukasi kepada masyarakat. Semoga partisipasi masyarakat Kota Probolinggo dalam Pemilu 2024 nanti sangat tinggi," harapnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya