SUARA INDONESIA PROBOLINGGO

Bawaslu Probolinggo Umumkan Hasil Tes Tulis, 144 Peserta Lolos ke Tahap Wawancara

Lutfi Hidayat - 18 October 2022 | 20:10 - Dibaca 938 kali
Politik Bawaslu Probolinggo Umumkan Hasil Tes Tulis, 144 Peserta Lolos ke Tahap Wawancara
Suasana tes tulis CAT peserta Panwascam di Kabupaten Probolinggo

PROBOLINGGO - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Probolinggo mengumumkan hasil tes tulis Computer Assisted Test (CAT), Selasa (18/10/2022) sore. 

Sebanyak 144 orang dinyatakan lolos dalam tes tersebut, untuk mengetahui nama-nama yang lolos dalam tes tulis CAT itu, peserta dapat melihatnya pada laman resmi Bawaslu Kabupaten Probolinggo.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Probolinggo, Zaini Gunawan mengatakan jika peserta Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) terbanyak di Jawa Timur dengan total 735 orang.

Sebanyak 144 orang dinyatakan lolos dalam tes tulis CAT setelah sebelumnya lolos tahap administrasi.

"Untuk kelolosan ini (tes tulis CAT-red) ini diambil berdasarkan nilai tertinggi, dari semua kecamatan dan banyaknya peserta yang lolos seleksi administrasi itu diambil 6 orang dari masing-masing kecamatan untuk maju di tahapan berikutnya," ujarnya.

Dalam tes tulis CAT tersebut, pihaknya sama sekali tidak ikut campur sedikitpun ataupun bisa mengotak-ngatik nama peserta yang lolos. Sebab, hal tersebut sudah bukan menjadi ranahnya.

"Kenapa kami tidak bisa mengotak-atik nama peserta yang lolos atau tidak lolos ini, karena sebelum bisa disampaikan file dari nama yang lolos itu tidak bisa dibuka kalau belum mendapat pasword dari Bawaslu Provinsi Jawa Timur," terang pria berkumis tebal itu.

Lebih jauh menurut Zaini terdapat penegasan dari Bawaslu RI yang tidak segan akan melaporkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) jika merubah nama dari hasil tes tulis CAT jika dikemudian hari ditemukan ketidaksesuaian.

"Dan setelah ini, tiga dari enam orang yang lolos ini, akan diplenokan setelah melakukan tes wawancara. Rencananya tes ini akan dilakukan pada tanggal 20 sampai 23 Oktober mendatang," tandasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lutfi Hidayat
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya