SUARA INDONESIA PROBOLINGGO

Penyelam KSOP Probolinggo Kibarkan Bendera Merah Putih di Bawah Permukaan Laut Gili Ketapang

Lutfi Hidayat - 17 August 2023 | 10:08 - Dibaca 1.86k kali
Features Penyelam KSOP Probolinggo Kibarkan Bendera Merah Putih di Bawah Permukaan Laut Gili Ketapang
Tim penyelam gabungan saat upacara bendera merah putih di bawah kedalaman laut Probolinggo. (Foto: Istimewa)

PROBOLINGGO, Suaraindonesia.co.id – Cara menantang penuh adrenalin upacara pengibaran bendera merah putih, dilakukan para penyelam di Kota Probolinggo Jawa Timur.

Sebanyak 14 penyelam terlatih yang diinisiasi Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Probolinggo mengibarkan bendera merah putih di bawah permukaan laut Gili Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Rabu siang (16/08/2023).

Kegiatan ekstrem itu, dalam rangka memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Para penyelam di antaranya, petugas KSOP Kelas IV Probolinggo Nandika Ginanjar, Danki B Yonzipur 10 Pasuruan Lettu Czi Rivan, pimpinan Marine Coral Dive Hadi, Zombie Diving Club Wahab, Primus Diving Club Hari Mudji Wahjono, anggota Tagana Kota Probolinggo Novan Trio dan 8 penyelam lain dilepas langsung oleh Kepala KSOP Kelas IV Probolinggo, Ferry Agus Satriyo.

Pelepasan dilakukan dari lokasi sandar kapal KN.P.4001 di area kantor KSOP Probolinggo. Sebelumnya dilakukan persiapan dan pemeriksaan peralatan selam yang akan digunakan belasan penyelam tersebut.


Sekitar pukul 12.30 WIB, 14 penyelam gabungan terjun ke bawah laut dengan kedalaman sekitar 10 meter.

Mereka melakukan upacara dan pengibaran bendera merah putih di bawah permukaan laut, lalu kembali naik kapal sekitar pukul 14.00 WIB.

Kepala KSOP Kelas IV Probolinggo, Ferry Agus Satriyo menyampaikan, bahwa pengibaran bendera merah putih di bawah permukaan laut itu sebagai refleksi dan motivasi dalam meningkatkan kinerja KSOP Probolinggo.

“Ini dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke-78, untuk meningkatkan semangat bekerja, semangat berjuang kami untuk Indonesia yang lebih baik dan meningkatkan semangat nasionalisme kami sebagai warga Negara Indonesia yang baik,” ungkapnya, sebelum melepas para penyelam ke tengah laut.

Selama penyelaman bawah laut berlangsung, para penyelam selalu dipantau dalam pengawasan dan pengamanan Kapal Patroli KN.P.4001, milik Kantor KSOP Kelas IV Probolinggo, untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lutfi Hidayat
Editor : Lukman Hadi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya