default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Viral Video Tarikan Uang Pilkades Balung Lor Jember, Begini Menurut Panitia

Viral Video Tarikan Uang Pilkades Balung Lor Jember, Begini Menurut Panitia
Birokrasi
Ketua Panitia Pilkades setempat Ali Mahfud.
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

JEMBER - Beredarnya video viral penarikan uang sumbangan bagi bakal calon Kades Balung Lor, Kecamatan Balung, Kabupaten Jember, Jawa Timur sebesar Rp 5 juta yang akan mendaftar ditanggapi langsung oleh ketua panitia pilkades setempat, Ali Mahfud.

Menurut Ali, sesuai aturan yang berlaku dalam (Peraturan Bupati) Perbup, bahwa anggaran biaya pilkades berasal dari 3 sumber. 

"Kalau kita ikuti di perbup bukan mungut, pertama dibiayai APBD, dari desa (APBDes), ketiga dari sumbangan calon (kades). Sesuai dengan anggaran kekurangannya berapa, dibebankan pada calon yang lolos verifikasi," kata Ali saat dikonfirmasi wartawan, Senin (22/07/2019) di kediamannya.

Tahapannya itu, menurutnya, diikuti dengan proses verifikasii, "Jika tidak lolos verifikasi, dikembalikan (uang sumbangan) nominal Rp 5 juta itu," ungkapnya.

Namun, terkait nominal sumbangan sebesar Rp 5 juta tersebut, katanya, itu merupakan hasil kesepakatan bersama di awal pendaftaran. 

"Bahkan diikuti juga rapatnya bersama orang yang membuat video itu. Dilengkapi kekurangannya (anggaran pilkades) kalau sudah jadi calon kades, sekarang belum, masih bacalon. Jika tidak lolos verifikasi dikembalikan uangnya," ungkapnya.

Ali juga mengakui, tarikan Rp 5 juta untuk memenuhi 10 poin kebutuhan anggaran dalam pilkades. 

"Kebutuhan total (pilkades) Rp 268 juta. Tarikan kepada calon kades, juga bukan resmi, tapi sumbangan. Kita tidak memungut, dana APBDes juga disesuaikan," tandasnya.(Tix)


Kontributor : Asikin
Editor : Imam Hairon
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar