default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Sungai Meluap Rendam Dua Desa di Probolinggo, Perahu Karet BPBD Diterjunkan

Sungai Meluap Rendam Dua Desa di Probolinggo, Perahu Karet BPBD Diterjunkan
Peristiwa Daerah
Banjir Malam Hari Sulitkan Warga. (Insert. Perahu Karet BPBD Ditarik Kembali) Ist.
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

PROBOLINGGO - Hujan deras pada Jumat sore membuat dua sungai meluap. Luapan sungai itu merendam permukiman warga di Desa Lemahkembar, Kecamatan Sumberasih dan Desa Bayeman, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo.

Aliran sungai di dua desa itu mulai meninggi sekitar pukul 16.50 WIB. Karena debit air semakin tinggi, air pun meluap ke permukiman warga. Sejumalh areal persawahan juga terendam banjir.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Probolinggo, Anggit Hermanuadi, mengatakan para petugas dibantu aparat desa, kecamatan, kepolisian dan TNI sudah turun ke lokasi-lokasi banjir.

"Banjirnya di Desa Bayeman Tongas dan Desa Lemahkembar Sumberasih. Sampai malam ini TRC BPBD masih di lokasi," ujar Anggit, Jumat malam (21/02/2020).

Untuk Desa Bayeman, utamanya di Gang Sampo Dusun Bayeman Tengah, genangan air sudah berangsur surut malam ini. Sedangkan untuk Desa Lemahkembar, sebagian warga yang terjebak banjir menolak dievakuasi.

"Kami terjunkan perahu karet untuk evakuasi warga ke tempat lebih aman. Tapi warga menolak, akhirnya kami bawa pulang kembali," tambah Anggit.

Akibat banjir itu, seorang warga atas nama Asan (70) warga Dusun Jaringan, Desa Bayeman, Kecamatan Tongas, dilaporkan tewas saat mengamankan perahu yang disandar di pinggir sungai.

"Berdasarkan laporan RSUD Tongas, korban diduga meninggal karena serangan jantung. Korban menguras perahu lalu mengeluh nyeri di bagian dada," ungkap Anggit.

Dalam dua pekan terakhir, setidaknya telah terjadi tiga kali banjir. Desa Bayeman sebanyak dua kali, Desa Lemahkembar satu kali dan Desa Dringu satu kali.
 

Simak video berikut:


Kontributor : Luthfi Hidayat
Editor : Nanang Habibi
Publisher : Aulia Fasha
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar