SUARA INDONESIA PROBOLINGGO

Prihatin Terjadi Penularan Covid-19 di Pengungsian Erupsi Semeru, Warga Bagikan Masker

Rapelaziza Bangun Alamsyah - 06 December 2021 | 18:12 - Dibaca 1.12k kali
Peristiwa Daerah Prihatin Terjadi Penularan Covid-19 di Pengungsian Erupsi Semeru, Warga Bagikan Masker
Warga Kecamatan Candipuro, Lumajang bagikan masker kepada keluarga korban erupsi Gunung Semeru yang hendak menjemput pulang di posko pengungsian

LUMAJANG - Guyuran abu vulkanik di Lereng Gunung Semeru tak kunjung reda, kesehatan khususnya saluran pernafasan warga korban erupsi terancam dan berpotensi tertular virus Covid-19.

Mengantisipasi hal tersebut warga Kecamatan Candipuro membagi-bagikan masker gratis pada warga yang melintas di Jl. Pancasila, Desa Sumber Mujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Senin (06/12/2021).

Warga Desa Sumber Mujur mengumpulkan dana secara swadaya untuk membeli masker, karena prihatin dengan kondisi hujan abu vulkanik akibat erupsi Gunung Semeru dan potensi penularan Covid-19.

"Masker ini berguna untuk meminimalisir gangguan pernafasan, selain itu juga berguna untuk tetap mematuhi protokol kesehatan mas, karena pandemi Covid-19 masih belum usai," ujar Wanjat Sudono, warga Desa Sumber Mujur.

Banyaknya warga dari luar daerah di posko pengungsian Sumber Mujur, baik tim relawan maupun keluarga korban yang hendak menjemput di pengungsian, memicu terjadinya kontak dan kerumunan.

"Hanya seperti ini yang bisa kami lakukan, semoga saja bisa membantu warga agar terjaga kesehatan pernafasannya dan terhindar dari Covid-19," tutup Wanjat.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Rapelaziza Bangun Alamsyah
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya